Program OJK di 2016 untuk Meningkatkan Geliat Asuransi dan Finansial

Beberapa tahun terakhir bisnis asuransi tidaklah begitu bergeliat. Banyak spekulasi yang berusaha menjelaskan kejadian tersebut. Namun diperkirakan bisnis di bidang finansial ini, khususnya asuransi kesehatan, akan bersemi pada tahun 2016 ini, bagaimana bisa?

free-health-insurance1

Th. ini bisa disebut tahunnya asuransi kesehatan untuk menorehkan prestasi. Sebab th. ini, Otoritas Layanan Keuangan (OJK) sudah mempersiapkan lima program strategis untuk menstimulus kemampuan asuransi.

Firdaus Djaelani, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK menguraikan lima konsentrasi paling utama regulator untuk mensupport perkembangan industri asuransi kesehatan. Pertama, OJK menginisiasi asuransi.

Firdaus katakan, sampai sekarang ini asuransi pertanian sudah menyasar 30% dari tujuan tempat satu juta hektare. Program ke-2 yaitu asuransi penyingkiran kerangka kapal, di mana OJK serta pelaku asuransi bekerja bersama dengan Dirjen Perhubungan Laut. Ketiga, asuransi kesehatan ternak sapi serta pokja ketahanan pangan. Pihaknya bekerja bersama dengan Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian.

“Prioritas ke empat yaitu asuransi untuk nelayan, dimana OJK serta pelaku asuransi bekerja bersama dengan Kementerian Kelautan serta Perikanan. Ke lima yakni asuransi pariwisata yang melibatkan Kementerian Pariwisata, ” tutur Firdaus, Senin (1/2).

Ini semua adalah program dari OJK ditahun ini untuk meningkatkan gelian finansial dalam negeri, terhitung ada 5 program yang telah dicanangkan. OJK mengharapkan industri asuransi kesehatan th. ini bisa tumbuh pada 15% sampai 20%.

Iklan