Belajar Bagian Badan Biola dan Leher Biola

Alat musik biola merupakan alat musik yang terdiri dari beberapa bagian yang menjadi satu kesatuan. Bagian-bagian dari alat musik biola tersebut antara lain: badan biola, leher biola, ekor biola, jembatan biola, dan juga busur biola. Namun kali ini kita hanya akan mempelajari mengenai badan biola dan juga leher biola saja.

Bagian Biola: Badan Biola

Bagian badan instrumen musik biola mungkin merupakan bagian terbesar dari sebuah biola. Badan biola inipun terdiri dari dua buah papan yang bentukanya melengkung dan kemudian disatukan oleh sebuah kayu yang biasa disebut dengan istilah iga biola. Semua bagian kayu tersebut disatukan dengan memakai lem kulit binatang, lem binatang, ataupun resin. Iga biola sendiri sebenarnya terdiri dari 4 sudut, bagian atas dan bagian bawah serta lapisan dalam yang hanya berbentuk garis tipis. Lapisan dalam berfungsi untuk menahan bentuk lekukan dari iga bola serta merupakan bagian yang digunakan untuk pengeleman. Bentuk badan biola pun terlihat sangat indah dan bila dilihat menyerupai dengan bentuk dari jam pasir.  Namun bentuk indah tersebut memiliki fungsi yaitu untuk memberikan sebuah ruang lebih bagi busur bila agar mampu bergerak dengan bebas.

Bahan pembuatan badan biola pun menggunakan berbagai mcam jenis kayu seperti kayu maple (digunakan untuk bagian samping dan belakang biola), kayu spruce (untuk permukaan biola), dan kayu utuh (untuk bagian belakang biola).

Bagian Biola: Leher Biola

Umumnya, bagian leher pada alat musik biola dibuat menggunakan bahan kayu mapel yang juga merupakan kayu yang diguanakn untuk membuat bagian samping dari badan biola dan juga bagian belakang dari badan biola.  Leher biola merupakan bagian dari alat musik tersebut yanng digenggam untuk menekan senar menghasilkan nada yang diinginkan. Oleh karena itu ada bagian yang disebut dengan papan jari yang umumnya terbuat dari bahan kayu eboni. Kayu eboni sangat cocok bagi bagian alat musik berawai yang satu ini sebab kayu tersebut memiliki karakteristik yang khas yaitu menawan, keras, dan juga awet atau tahan lama. Namun pada beberapa biola yang umurnya cukup tua ditemukan bahan kayu mapel yang digunakan untuk membuat papan jarinya yang kemudian dipernis dengan menggunakan kayu eboni.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s